Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ]

Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ] - Hallo sobat blogger Tutorial, Posting yang saya unggah pada kali ini dengan judul Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ] , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel computer tips, Artikel Maintenance System, Artikel Tips Software, Artikel Utilitties, Artikel Windows, Artikel Windows 8, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ]
link : Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ]

Baca juga


Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ]

Error dan masalah lemot komputer - Pernah mengalami computer hang atau computer menjadi lemot? tahukah anda mengapa computer anda bisa menjadi lemot? salah satu penyebabnya karena ada masalah dengan harddisk anda, atau juga karena partisi hardisk corrupt sehingga computer menjadi bingung mencari file. Salah satu cara mengatasi computer hang atau lemot yaitu dengan menggunakan software windirstat.

Komputer Hang Atau Lemot Dapat diatas dengan Windirstat
 Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat

Apa itu software Windirstat?
Windirstat adalah software untuk membantu merampingkan isi harddisk dengan mencari file apa saja yang membuat harddisk menjadi penuh. Sehingga menyebabkan computer menjadi hang/ lemot.

Mengapa menggunakan software windirstat ini ?


  • Windirstat berlisensi GNU GPL sehingga untuk mendapatkan software ini anda tak perlu membayar karena software ini Gratis dan bisa anda gunakan, modifikasi dan distribusikan berulang kali sesuai kebutuhan
  • Memiliki tampilan yang simple,mudah dimengerti dengan fitur lengkap.
  • Terhubung langsung dengan windows explorer, hanya dengan membuka program ini, anda tidak perlu lagi membuka windows explorer karena melalui windirstat anda sudah dapat melakukan beberapa aktifitas seperti menghapus file dan membuka file.
  • Kapasitas software yang kecil, sehingga anda tak perlu takut computer anda menjadi hang saat menjalankan program ini.
  • Dapat digunakan untuk semua versi windows


3 fungsi menu utama windirstat yaitu :
  • Directory List, digunakan untuk mengurutkan berdasarkan folder terbesar ataupun folder terkecil, yang bisa digunakan setelah proses scanning selesai.
  • Treemap List, adalah membuat tampilan setiap file dalam bentuk tree (pohon), dimana harddisk sebagai batang dan file sebagai daunnya. Terdapat 2 tipe tampilan pohon pada aplikasi ini, yaitu  SequoiaView menampilkan tree dengan pusat tree  pada sisi kanan, dan KDirStat pusat tree berada di bawah. Fungsi treemap list ini adalah untuk merepresentasikan seberapa banyak file yang ada pada harddisk. Bagian tree ini meliputi brightness, Cusion Shading,Height dan Scale Factor.
  • Extension List, berupa tampilan dari keseluruhan ekstensi file yang ada pada harddisk. Pada bagian ini keseluruhan file akan ditampilkan secara spesifik mulai dari ukuran file, presentase dan serta jumlah file.



Bagaimana cara menggunakan software windirstat?


1. Setelah aplikasi di install

2. Jalankan program windirstat

3. Kemudian pilih drive computer mana yang akan akn scanning, atau anda bisa memilih scanning untuk seluruh drives, atau bahkan anda bisa memindai hanya untuk 1 folder yang anda inginkan saja, tergantung dari anda. Kemudian klik OK

4. Pada saat proses scanning dilakukan, anda akan melihat karakter pacman yang mana oacman ini berfungsi sebagai pengganti progress bar.

5. Selain itu anda akan mendapatkan informasi tentang kapasitas harddisk dimana pada status bar windirstat akan menampilkan progress bar untuk seluruh drive dan penggunaan memori di RAM.
Tunggu sampai proses scanning selesai
Lama Proses scanning berlangsung tergantung dari besarnya kapasitas harddisk dan banyaknya file
( Lihat gambar dibawah ini )

6. Setelah proses scanning selesai, WinDirStat akan menampilkan informasi data secara lengkap.


7. Pada Folder Tree, anda bisa melihat seluruh drives.
8. Pada bagian kanan, anda akan melihat jenis file apa saja yang memakan banyak sekali ruang harddisk.
9. Pada bagian chart atau diagram (bagian yang banyak sekali warna) berguna untuk membantu anda dalam membedakan jenis file apa saja yang memakan ruang harddisk.
10. Nah mulai dari sini anda bisa mensortir file file apa saja yang memakan ruang harddisk paling banyak
( Lihat gambar dibawah ini )

11. Klik folder yang memiliki kapasitas yang banyak
12. Kemudian klik icon (+) untuk melihat isi dalam subfolder.


13. Maka akan muncul isi dari folder tersebut. Dari sini anda bisa mulai mensortir file yang ada didalamnya.


14. Ketika sudah menemukan file yang anda ingin hapus, klik kanan saja filenya dan klik �delete�



Sekian artikel tentang pengenalan windirstat untuk membantu anda dalam mengatasi masalah computer yang mengalami hang atau lemot. jika sudah mencoba dengan melakukan penghapusan data tidak penting dan file besar, tetapi komputer sering error coba dengan melakukan pembersihan komputer dedngan CCleaner , Semoga bermanfaat.



Demikianlah Artikel Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ]

Sekianlah artikel Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ] dengan alamat link http://tutorialsipil.blogspot.com/2016/06/cara-mengatasi-komputer-hang-atau-lemot.html

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer Hang Atau Lemot Dengan Windirstat, [ TutorialSipil ] "

Posting Komentar