Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ]

Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ] - Hallo sobat blogger Tutorial, Posting yang saya unggah pada kali ini dengan judul Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ] , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Magic Com/Rice Cooker, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ]
link : Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ]

Baca juga


Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ]




Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar


Cast Heater
Heater ini menyatu dengan logam. Menghasilkan daya 300-400 watt, tergantung jenis cookernya. Apabila kerusakan pada bagian ini, sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki.

Mica heater / termistor
Heater jenis ini tertutup oleh semacam kertas (mica) yang berfungsi pada waktu warming. Heater ini juga berfungsi sebagai termistor, yaitu tahanan makin besar bila bertambah panasnya. Makin besar tahanan maka tegangan yang masuk berkurang sehingga mengurangi daya panas yang dihasilkan heater. Sehingga mampu mengontrol panas cooker saat warming supaya panasnya tetap di kisaran 70-80 celcius.

Thermostat
Dalam thermostat terdapat magnet dan pegas, pada suhu ruang gaya magnet lebih besar dari gaya pegas. Bagian metal thermostat (bagian yang kontak langsung dengan panci tempat nasi) menyensor panas dari panci apakah panasnya sudah mencapai sekitar 134 derajat celcius. Metal bila terkena panas maka daya magnet berkurang sehingga gaya pegas lebih besar dari gaya magnet. Akibatnya pegas terlepas dari magnet (menjauh) sehingga menekan tuas dan tuas menekan saklar.

Thermal Fuse
Thermal fuse berfungsi memutus arus bila panasnya melebihi kewajaran akibat adanya kerusakan dari rice cooker.

Saklar
saklar berfungsi untuk memindah dari posisi cooking ke warming maupun sebaliknya. Tombol saklar ditekan oleh tuas yang digerakkan otomatis oleh thermostat maupun secara manual melalui tombol panel.

Panel led (lampu)
Terdiri led indikator untuk posisi cooking dan warming.

Cara kerja magicjer :
Pada posisi cooking, saklar (swicth) terhubung. Arus listrik dari L langsung ke cast heater dan led cooking. Lampu led cooking menyala, dan cast heater menghasilkan panas secara maksimal. Bila tegangan listrik 220 volt maka cast heater juga mendapat tegangan 220 volt. Pada panas 100 celcius (titik didih air), air dalam panci sudah menguap semua. Panas dilanjutkan hingga pada 134 celcius thermostat trip (pegas lepas dari magnet), selanjutnya menekan tuas dan menggerakkan saklar menjadi off (putus), masuk ke mode warming. Saat warming, arus listrik dari L melalui mica heater (termistor) dan led warming. Tegangan yang keluar dari mica heater kurang dari 25 volt. Posisi warming, cast heater hanya mendapat tegangan kurang dari 25 volt, tegangan yang masuk ke cast heater dikontrol oleh termistor (mica heater) sehingga didapat panas yang stabil (sekitar 70-80 celcius) untuk menjaga nasi tetap hangat.

Untuk memperbaiki kerusakan magicjer, saya kira sudah mudah bila memahami cara kerjanya.




Rice Cooker, Magic Jar atau Magic Com Yang Makin Canggih
Rice cooker alias penanak nasi kini jadi bagian gaya hidup. Bukan hanya untuk orang Asia tetapi hampir semua orang di dunia. Dengan alat ini menanak nasi terasa lebih mudah dan praktis serta higienis. Model dan fungsinya juga makin beragam.

Jika dulu rice cooker hanya digunakan sebagai penanak nasi dan penghangat, kini fungsinya mulai berkembang. Dapat menghangatkan lauk, mengukus dan membuat bubur. Biasanya rice cooker dilengkapi dengan fitur seperti slow cook, quick coock, keep warm, steam tray, delay timer, dan logic smart.

Rice cooker juga mempunyai beberapa jenis, seperti pot style dan cool touch.Rice cooker jenis pot style biasanya mudah dioperasikan. Jenis ini juga tersedia dalam beberapa ukuran yaitu dari 3 sampai 30 gelas beras. Panci bagian dalamnya dapat dilepas. Rice cooker jenis ini dapat memasak secara otomatis dan berhenti ketika nasi matang.

Sedangkan cool touch rice cooker memiliki tutup berengsel sehingga bisa menjaga uap air dan kelembapan. Jenis tersebut berukuran 4 hingga 10 gelas beras. Metode memasaknya sama seperti jenis pot style. Kecuali panci bagian dalam yang tidak dapat dilepas tetapi akan tetap dingin jika dipegang selama proses memasak.

Kebanyakan orang sering menyebut rice cooker dengan magic com atau magic jar. Pada dasarnya kedua alat tersebut mempunyai fungsi yang sama, yaitu memasak dan menghangatkan nasi. Bedanya, rice cooker penanak nasi dengan panci dalam tanpa dilapisi anti lengket, dengan kata lain nasi dapat lengket. Sedangkan magic com, dilapisi bahan anti lengket. Selain itu rice cooker mampu menghangatkan nasi sampai 24 jam, sedangakan magic com atau magic jar hingga 48 jam.
Sumber


Demikianlah Artikel Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ]

Sekianlah artikel Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ] dengan alamat link http://tutorialsipil.blogspot.com/2015/04/cara-kerja-unik-dan-fungsi-bagian-dalam.html

0 Response to "Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar , [ TutorialSipil ] "

Posting Komentar