Judul : 1 contoh proposal usaha Mahasiswa terbaru kreatif dan keren abis, [ TutorialSipil ]
link : 1 contoh proposal usaha Mahasiswa terbaru kreatif dan keren abis, [ TutorialSipil ]
1 contoh proposal usaha Mahasiswa terbaru kreatif dan keren abis, [ TutorialSipil ]
1 contoh proposal usaha Mahasiswa terbaru kreatif dan keren abis ya menurut saya ini sangat kreatif sekali ,. mahasisawa sudag bisa membuat Usaha sendiri, inilah yang sebenarnya di tunggu2 oleh bangsa indonesia, bukan sekedar Turun ke lapangan dan bersorak sorak didepan kantor pemerintah, menuntut beberapa hak rakyat, "saya tidak mengatakan hal tersebut salah" tapi selain berorasi seharusnya mahasiswa itu juga menbuat trobosan baru, bukan hanya menuntut, tapi juga memberika sebuah karya yang bisa di banggakan oleh bagasa, "proposal ini saya dapatkan dari Kakak saya yang kemarin presntasi di kelas kami, jujur saya sangat tertarik dengan usahanya karena dilihat yang setatusnya sekarag masih mahasiswa... semagat dah ,.. kabarnya usaha mereka sudah mulai di kenal di wilayah jakarta dengan omset yang sangat menggiurkan, berikut dalah proposal usaha mereka yang kemarin sempet minta setelah mereka selesai presentasi.
TULUS DIGITAL PRINTING
PROPOSAL USAHA
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah entrepreneurship
Disusun Oleh :
Agus Tripurnomo-13131215
Alfian Nurrohman-13131204
Heri Heryadi-13131309
Ibrohim Sholahudin Al-Ayubi -13131400
Jurusan Teknik Komputer
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
Jakarta
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telat memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kami semua bisa meyelesaikan proposal usaha ini dengan baik. Proposal usaha ini kami sajikan dalam bentuk yang sederhana. Adapun jenis usaha yang kami ambil adalah percetakan dengn teknik digital printing.
Tujuan pembuatan proposal ini adalah sebagai salah satu tugas mata kuliah entrepreneurship. Bahan penulisan proposal kami buat dari bisnis yang sudah dimulai sebelumnya dan dari pengalaman kami. Dalam penulisan ini kami bermaksud membuat business plan dan mengembangkan bisnis yang sudah berjalan.
Kami menyadari bahwa penulisan proposal ini tidak akan selesai tanpa bimbingan, dorongan dan bantuan berbagai pihak. Maka dari itu izinkan kami mengucapkan terimakasih kepada :
1. Ibu Nandang Estri Nugraheni, SE selaku dosen mata kuliah entrepreneurship
2. Orang tua kami yang telah mendukung baik dari materi maupun spiritual
3. Rekan-rekan semua di kelas 13.2C.02
Serta semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu. Kami mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya semoga Allah membalas kebaikannya dan dicatat menjadi amal kebaikan didunia.
Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu kami berharap kritik dan saran yang bisa memperbaiki proposal kami di masa yang akan datang.
Akhir kata semoga proposal ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi kita semua.
Jakarta, 19 Mei 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
Lembar Judul Proposal Usaha | �������������������� | i | ||||||||||||||||||||||
Kata Pengantar | �������������������������� | ii | ||||||||||||||||||||||
Daftar Isi | ����������������������������.. | iv | ||||||||||||||||||||||
| | | | | | |||||||||||||||||||
BAB I | PENDAHULUAN | ��.�����������������. | 1 | |||||||||||||||||||||
| 1.1. | Latar Belakang | ������������������� | 1 | ||||||||||||||||||||
| 1.2. | Deskripsi Usaha | ������������������. | 2 | ||||||||||||||||||||
| 1.3. | Profil Perusahaan dan Pemilik sekaligus Pengelola | ����... | 3 | ||||||||||||||||||||
| 1.4. | Perencanaan Organisasi | ��������������..... | 5 | ||||||||||||||||||||
| | | | | ||||||||||||||||||||
BAB II | PROSES PRODUKSI DAN PEMASARAN | ��������� | 7 | |||||||||||||||||||||
| 2.1. | Rencana Produksi | �����������..���..... | 7 | ||||||||||||||||||||
| 2.2. | Rencana Pemasaran | ���������������.. | 12 | ||||||||||||||||||||
| 2.3. | Resiko Bisnis | ������������������... | 13 | ||||||||||||||||||||
| | | | |||||||||||||||||||||
BAB III | PEMODALAN DAN NERACA AWAL | ���������� | 15 | |||||||||||||||||||||
| 3.1. | Pemodalan | ��.�����������������. | 15 | ||||||||||||||||||||
| 3.2. | Laporan Penjualan | ����������������� | 15 | ||||||||||||||||||||
| 3.3. | Neraca Permulaan | ����������������� | 15 | ||||||||||||||||||||
| | | | | ||||||||||||||||||||
BAB IV | KESIMPULAN | ��.�����������������. | 17 | |||||||||||||||||||||
| 4.1. | Kesimpulan | ��.�����������������. | 17 | ||||||||||||||||||||
| | | | | ||||||||||||||||||||
LAMPIRAN-LAMPIRAN | ��������������..������.. | 19 | ||||||||||||||||||||||
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Percetakan atau printing merupakan proses memproduksi salinan dari sebuah gambar (image) atau tulisan menggunakan media teknologi. Dengan proses printing maka akan mendapatkan hasil sangat cepat. Hasil yang diperoleh dapat berupa kata-kata atau gambar-gambar (image) di atas kertas, kain, dan permukaan-permukaan lainnya.
Di era seperti sekarang ini dimana dunia percetakan sudah tidak asing lagi di mata masyarakat, banyak barang yang memerlukan proses percetakan seperti buku, kalender, buletin, majalah, surat kabar, poster, undangan pernikahan, perangko, kertas dinding, pin dan bahan kainlainnya seperti baju, bahkan gelas atau mug pun bisa kita gunakan sebagai media untuk menuangkan kreativitas seni kita.
Selain itu pemilu di Indonesia yang rutin diselenggarakan lima tahunan itu jatuh pada tahun ini. Sehingga itu merupakan peluang yang sangat besar untuk para pengusaha terutama dibidang percetakan. Karena proses kampanye tidak terlepas dari dunia percetakan. Maka dari itu kami ingin menggunakan momen itu untuk memulai bisnis dalambidang percetakan. Dan hal itu merupakan latar belakang utama kami dalam memulai bisnis.
Melihat aspek itu, kami bermaksud mendirikan sebuah perusahaan percetakan digital. Percekatan digital (digital printing) merupakan proses percetakan yang semua prosesnya menggunakan teknologi, dari mulai design sampai pada tahap percetakan atau printing. Tidak hanya jasa percetakan kami juga berencana melayani jasa design gambar untuk memenuhi kebutuhan masyarkat.
1.2 Deskripsi Usaha
Setelah kami menentukan jenis usaha yang akan kami jalankan, maka setelah itu maka kami akan mendeskripsikan usaha yang akan kami jalankan dengan rincian sebagai berikut :
1. Produk yang dihasilkan
Produk yang akan kami hasilkan dalam usaha yang akan kami jalankan antara lain PIN, gantungan kunci, ID card, mug, nota, undangan, book note, kop surat, kartu nama, amplop, spanduk. Selain produk barang yang akan kami produksi kami juga akan melayani jasa design gambar.
2. Ruang Lingkup Bisnis
Ruang lingkup bisnis yang akan kami jalankan untuk saat ini adalah berfokus pada percetakan PIN berbagai ukuran dan mug serta kami melayani jasa design. Namun kedepannya kami akan berupaya mengembangkan usaha yang kami jalankan.
3. Personalia Atau Kepegawaian
Dalam pengelolaan perusahaan yang akan kami jalankan. Kami berusaha memanagemen perusahaan kami sendiri dengan pembagian sebagai berikut :
� Administrasi dan keuangan : Heri Heryadi
� Perencanaan dan design : Agus Tri Purnomo
� Produksi : Ibrohim Sholahudin A
� Pemasaran : Alfian Nurrohmah
1.3 Profil Perusahaan dan Pemilik sekaligus Pengelola
1. Profil Perusahaan
Dalam pembentukan perusaahaan kami membuat profil perusahaan sebagai berikut :
Logo Perusahaan :
Nama Perusahaan : TULUS DIGITAL PRINTING
Jenis usaha : Percetakan dan Jasa Design
Visi Perusahaan : Menjadi percetakan terbesar yang memiliki cabang terbanyak dengan kualitas terbaik di dalam negeri.
Misi perusahaan : 1. Membuat planning pemasaran
2. Membangun jaringan dengan pengusah dan para investor
3. Seleksi karyawan terbaik dengan skill multi fungsi
4. Menghadirkan alat-alat percetakan importdengan kualitas terbaik dan bahan mentahnya
5. Pememillihan posisi strategis untuk percetakan cabang jakarta
Motto perusahaan : �We always serve you with Tulus�
Alamat perusahaan : Jl. Bangka 8 No. 36 Rt : 05 Rw : 03 Pela Mampang Jakarta Selatan
No handphone : 0856 8525 108
Website : http://www.tulusonline.blogspot.com
2. Profil Pemilik Sekaligus Pengelola Perusahaan
Nama Lengkap : Ibrohim Sholahudin Al-Ayubi
Tempat dan tanggal lahir : Cairo, 15 Mei 1992
Alamat : Jl. Bangka 8 No. 36 Rt : 05 Rw : 03 Pela Mampang Jakarta Selatan
Jabatan : Pimpinan Perusahaan & Manajemen Produksi
No Handphone : 0856 8525 108
Nama Lengkap : Heri Heryadi
Tempat dan tanggal lahir : Sumedang, 22 Mei 1991
Alamat : Jln. Pln ehave Gg. H Niang No 103 N1 Rt 25/2 Kel. Gandul Kec. Limo kota Depok 16512
Jabatan : Managemen Administrasi dan Keuangan
No Handphone : 0852 2129 1993
Nama Lengkap : Agus Tri Purnomo
Tempat dan tanggal lahir : Ponorogo, 20 Januari 1995
Alamat : Jl. Puri Sakti II No.9 Cipete Selatan Jakarta
Jabatan : Perencanaan & Designer
No Handphone : 0877 8490 7560
Nama Lengkap : Alfian Nurrohman
Tempat dan tanggal lahir : Pandeglang, 8 Maret 1995
Alamat : Jl. Kayumanis 5 no.22 Rt : 02 Rw : 02 Pamulang, Tangerang selatan
Jabatan : Manajemen Pemasaran
No Handphone : 0838 9597 5458
1.4 Perencanaan Organisasi
1. Struktur Organisasi
Dari bagan tersebut bisa kita jelaskan bahwa perusahaan dipimpin oleh salah satu pemilik perusahaan yang bertanggung jawab atas berjalannya perusahaan dan yang memiliki wewenang dalam pengambilan keputusan perusahaan. Setiap manajemen bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan dan wewenang masing-masing terhadap peminpin perusahaan. Setiap manajemen wajib melaporkan hasil kerjanya.
2. Flow Kerja Perusahaan
Dari flow kerja tersebut dapat kami jelaskan tentang alur kerja dari tiap-tiap manajemen. Flow kerja perusahaan dimulai dari proses pemasaran. Setelah didapatkan orderatau pesanan maka semuanya dilaporkan kepada bagian administrasi. Kemudian setelah administrasi mencatat dan menghitung mengenai biaya produksi serta perkiraan keuntungan. Tahap selanjutnya adalah design gambar sesuai permintaan pelanggan. Setelah proses design selesai selanjutnya adalah proses produksi barang pesanan pelanggan. Hasil produksi harus selalu dilaporkan kepada bagaian administrasi untuk mengetahui penggunaan anggaran dan bahan baku. Setelalah barang selesai diproduksi maka barang diserahkan kepada bagian pemasaran untuk selanjutnya dilakukan pembayaran oleh pelanggan. Hasil pembayaran dari pelanggan kemudian diserahkan kepada manajemen keuangan untuk dilakukan perncatatan dan pengelolaan uang perusahaan.
-------------------------------------------
BAB II
PROSES PRODUKSI DAN PEMASARAN
2.1. Rencana Produksi
A. Gedung dan perlengkapan
Dalam proses produksi sudah pasti memerlukan gedung dan perlengkapan pendukung untuk tercapainya hasil produksi yang maksimal. Untuk gedung produksi sementara kami menggunakan rumah salah satu pengelola perusahaan yaitu saudara Ibrohim Sholahudin Al-Ayubi yang beralamat di Jl. Bangka 8 no. 36 Rt : 05 Rw : 03 Pela Mampang Jakarta selatan, dimana disitu menjadi tempat penyimpanan bahan baku dan proses produksi barang pesanan pelanggan. Selain itu juga tempat itu merupakan kantor sementara perusahaan kami.
B. Mesin dan perlengkapan
Mesin yang digunakan dalam proses pembuatan produk yang akan kami jual cukup mahal. Untuk meminimalkan modal awal dalam pendirian perusahaan kami memilih untuk menyewa alat-alat yang kami butuhkan dan belum bisa kami beli. Namun dalam hal ini kami akan menjelaskan dan memberikan rincian mesin yang kami perlukan dalam proses produksi. Mesin dan perlengkapan yang kami perlukan diantaranya :
� PC / laptop
� Printer
� Alat Laminasi
� Alat Press PIN
� Alat Press MUG
� Circle Cutter / Gunting
Untuk pc/laptop kami menggunakan laptop masing-masing dalam menjalankan pekerjaan yang kami lakukan. Dalam proses printing dan laminasi untuk sementara kami membawa hasil design ke tempat jasa printing. Sedangkan dalam proses press kami menyewa alat tersebut untuk sementara. Sehingga kami hanya memproduksi barang setengah jadi menjadi barang jadi. Dengan demikian kami masih bisa menjalankan bisnis kami tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membelian dan perawatan mesin.
C. Bahan baku
Dalam proses produksi kami memerlukan bahan baku sebagai berikut :
� Kertas berbagai jenis
� Kaleng Pin berbagai jenis dan ukuran
� Mug polos
D. Proses Produksi
Proses produksi percetekan secara umum sama, namun ada beberapa barang yang memiliki tahap lain dalam proses produksi. Yang memiliki tahap berbeda diantaranya pada percetakan pin dan mug. Pada kedua barang tersebut ada tahap-tahap yang tidak dimiliki oleh jasa printing. Untuk memahami proses produksi maka akan kami jelaskan sebagai berikut :
1. Produksi PIN ;
� Memilihan model dan ukuran
� Menetukan bahan yang dipilih
� Proses design dikomputer
� Proses Cetak
� Proses pemotongan gambar
� Proses Press
2. Produksi MUG ;
� Memilihan model dan ukuran
� Menetukan bahan yang dipilih
� Proses design dikomputer
� Proses Cetak
� Proses pemotongan gambar
� Proses penempelan gambar pada mug polos
� Proses Press
E. Contoh Produksi
Untuk memeberikan gambaran mengenai produk yang akan kami jual, maka kami memberikan contoh hasil agar semua pihak bisa bmengenal dan menilai produk kami. Beberapa contoh produk kami adalah sebagai berikut :
F. Biaya Bahan Baku dan Produksi
Dalam memproduksi PIN dan MUG biaya yang kami perlukan adalah sebagai berikut :
1. Harga bahan Baku
PIN 4,4 | : | Rp. 52.000 / 100 Pcs |
PIN 5,8 | : | Rp. 62.500 / 100 Pcs |
PIN 7,5 | : | Rp. 107.500 / 100 Pcs |
Mug Polos | : | Rp. 252.000 / 36 Pcs |
2. Jasa Print dan Laminasi
Cetak Alt Paper A3 + Laminasi Doff A3 ukuran 4.4 | : | Rp. 7.000 / 35 Pcs |
Cetak Alt Paper A3 + Laminasi Doff A3 ukuran 5.8 | : | Rp. 7.000 / 24 Pcs |
Cetak Alt Paper A3 + Laminasi Doff A3 ukuran 7.5 | : | Rp. 7.000 / 12 Pcs |
3. Sewa alat press
Press PIN semua ukuran | : | Rp. 200 / 1 Pcs |
Cetak + Press Mug | : | Rp. 5000 / 1 Pcs |
Dari data di atas dapat kami berikan rincian biaya bahan baku dan produksi perbuah adalah sebagai berikut :
PIN 4,4 | : | Rp. 920 / Pcs |
PIN 5,8 | : | Rp. 1.112 / Pcs |
PIN 7,5 | : | Rp. 1.584 / Pcs |
Mug | : | Rp. 12.000 / Pcs |
4. Biaya Perlengkap dan Beban Produksi
Kardus Mug | : | Rp. 25.000 /50 Pcs |
Transportasi tiap produksi | : | Rp. 15.000 |
2.2. Rencana Pemasaran
A. Penetepan Harga
Dalam penetapan harga kami menghitungnya dari harga bahan baku, sewa alat, biaya printing dan biaya perlengkapan serta biaya transportasi. Dengan demikian kami menetapkaan harga sebagai berikut :
PIN 4,4 | : | Rp. 1.500 / Pcs |
PIN 5,8 | : | Rp. 2.000 / Pcs |
PIN 7,5 | : | Rp. 3.000 / Pcs |
MUG | : | Rp. 21.000 / Pcs |
B. Promosi
Untuk promosi perusahaan kami menggunakan berbagai cara ada secara langsung ataupun melalui media dengan tujuan orang bisa lebih mengetahui perusahaan kami dengan berbagai cara yang mereka sukai. Untuk promosi kami sementara diantaranya :
1. Brosur
2. Internet (Blog dan media sosial)
3. Mouth to mouth
2.3. Resiko Bisnis
Dalam menganalisis resiko bisnis yang akan kami jalani, kami menggunakan analisis SWOT. Karena analisis swot kita bisa mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Dengan begitu kami bisa melihat resiko bisnis yang mungkin akan terjadi. Dan bisa meminimalkannya dengan kekuatan dan kesempatan yang kami miliki. Selain itu dengan analisi swot kita tidak hanya mengetaui resiko tetapi mengetahui kelebihan perusahaan kita sendiri.
Analisi swot dalam perusahaan kami dijabarkan sebagai berikut :
1. Kekuatan (strengths)
� Bahan yang kami gunakan adalah bahan yang berkualitas
� Tenaga kerja yang memproduksi sudah berpengalaman
� Kami mampu memproduksi dengan cepat
� Harga jual produk kami murah
2. Kelemahan (weaknesses)
� Tempat usaha yang tidak mumpuni
� Sarana promosi kurang
� Sumber Modal terbatas
� Peraalatan masih sewa
3. Peluang (opportunities)
� Memiliki pelanggan setia
� Harga bahan baku naik tidak begitu melonjak tinggi
� Percetakan digital printing dengan harga sesuai membantu cepatnya produksi
� Pemasaran mulut ke mulut berpeluang mudah diketaui banyak orang
4. Ancaman (threats).
� Banyaknya saingan
� Bersaingnya harga
� Hilangnya sumber modal
� Berpindahnya pelanggan
Dari penjabaran tersebut kita dapa simpulkan bahwa resiko usaha yang akan kami hadapi adalah terlalu banyaknya pesaing dalam dunia percetakan, sehingga harga jualpun menjadi resiko selanjutnya. Selain itu modal yang sedikit membuat kami kesulitan dalam menjalankan perusahaan kami. Dan resiko utamanya dari kesimpulan diatas adalah berpindahnya pelanggan ke perusahaan lain.
-----------------------------------------------------------
BAB III
PEMODALAN DAN NERACA PERMULAAN
3.1 Pemodalan
Dalam menjalankan usaha yang akan kami jalankan, kami menggunakan pemodalkan pribadi dengan metode pengumpulan dari semua pemilik perusahaan. Selain itu kami juga memiliki modal dari para calon pelanggan kami, karena setiap pelanggan yang akan memesan produk kami diwajibkan menyimpan uang sebagai tanda jadi (down payment). Dari uang itu kami juga gunakan sebagai modal awal untuk produksi selanjutnya.
3.2 Laporan Penjualan
Perrusaan kami sudah berjalan beberapa bualan terakhir sehingga ada beberapa barang yang telah kami jual. Berikut kami laporan penjualan 2 bulan terakhir sebagai berikut :
Tanggal | Nama Barang | Banyaknya | Harga | Jumlah |
1-04-2014 | Penjualan MUG | 66 bh | Rp. 21000 | Rp. 1.386.000 |
8-04-2014 | Penjualan MUG | 30 bh | Rp. 21000 | Rp. 630.000 |
16-04-2014 | Pembuatan PIN 5.8 | 40 | Rp. 2.000 | Rp. 80.000 |
25-04-2014 | Pembuatan PIN 5.8 | 100 bh | Rp. 2.000 | Rp. 200.000 |
01-05-2014 | Jasa Design | 1 | Rp. 20.000 | Rp. 20.000 |
TOTAL | Rp. 2.316.000 |
3.3 Neraca Awal
Neraca awal kami buat dar permodalaan awal dan pendapatan selama dua bulan terakhir. Neraca awal yang kami buat adalah sebagai berikut :
TANGGAL | RINCIAN | DEBIT | KREDIT | SALDO |
01-04-2014 | Penjualan Mug | Rp. 1.386.000 | | Rp. 1.386.000 |
| Biaya Produksi Mug | | Rp. 792.000 | Rp. 594.000 |
| Perlengkapan mug | | Rp. 33.000 | Rp. 561.000 |
| Transportasi | | Rp. 15.000 | Rp. 546.000 |
08-04-2014 | Penjualan Mug | Rp. 630.000 | | Rp. 1.176.000 |
| Biaya Produksi Mug | | Rp. 360.000 | Rp. 816.000 |
| Perlengkapan mug | | Rp. 15.000 | Rp. 801.000 |
| Transportasi | | Rp. 15.000 | Rp. 786.000 |
16-05-2014 | Penjualan Pin | Rp. 80.000 | | Rp. 866.000 |
| Biaya Produksi Pin | | Rp. 44.480 | Rp. 821.520 |
| Transportasi | | Rp. 15.000 | Rp. 806.520 |
25-04-2014 | Pembuatan Pin | Rp. 200.000 | | Rp. 1.006.520 |
| Biaya Produksi Pin | | Rp. 111.200 | Rp. 895.320 |
| Transportasi | | Rp. 15.000 | Rp. 880.320 |
01-05-2014 | Jasa design | Rp. 20.000 | | Rp. 900.320 |
17-05-2014 | Modal pemilik (4 x Rp. 50000 ) | Rp. 200.000 | | Rp. 1.100.320 |
-------------------------------------------
BAB IV
KESIMPULAN
4.1 Kesimpulan
Dari seluruh pembahasan proposal bisnis yang kami susun, maka kami dapat simpulkan sebagai berikut :
1. Pelaksanaan pemilu merupakan momen yang tepat untuk memulai bisnis percetakan.
2. Pada dasarnya kami menghasilkan beberapa produk, diantaranya PIN, gantungan kunci, ID card, mug, nota, undangan, book note, kop surat, kartu nama, amplop, spanduk dan lain-lain. Tetapi terkait tugas ini, kami hanya berfokus pada pembuatan PIN dan Mug.
3. Produk kami dibuat dari bahan berkualitas dengan pengerjaan tangan-tangan terampil, dan hasil yang memuaskan. Harga yang kami tawarkan cukup bersaing dengan beberapa perusahaan serupa yang jauh lebih terkenal.
Kami mendirikan tulus bukan semata-mata ingin mendapatkan keuntungan. Tetapi kami ingin menjadi bagian dari dari penguisaha Indonesia yang mampu membuka lapangan pekerjaan keesokan harinya. Kami juga ingin membuktikan bahwa produk-produk indonesia dapat bersaing dengan produk luar negeri. Maka cintailah produk Indonesia untuk pertumbuhan perekonomian yang lebih baik dan untuk meningkatkan martabat bangsa di mata dunia. Karena negara yang mampu menghormati karya-karya anak bangsanya, ia mampu untuk bersaing dengan dunia Internasional.
Demikian proposal yang kami buat, mudah-mudahan dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi kita semua. Mohon maaf apabila masih banyak terdapat kesalahan. Mudah-mudahan kami bisa memperbaiki proposal kami dimasa yang akan datang.
- proposal usaha anak muda
- proposal tugas mahasiswa bsi
- contoh priposal usaha bsi
- tugas bikin usaha mahasiswa bsi
- proposal usaha bsi
- contoh proposal bikin usaha
- proposal terbaru
- proposal terbaik
- usaha terbaru bsi
- peluang bisnis untuk mahasiswa
note
untuk mendapatkan file Documenya silahkan tinggalkan Email teman2 di menu komen, file akan langsung kami kirim
Demikianlah Artikel 1 contoh proposal usaha Mahasiswa terbaru kreatif dan keren abis, [ TutorialSipil ]
Sekianlah artikel 1 contoh proposal usaha Mahasiswa terbaru kreatif dan keren abis, [ TutorialSipil ] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 1 contoh proposal usaha Mahasiswa terbaru kreatif dan keren abis, [ TutorialSipil ] dengan alamat link https://tutorialsipil.blogspot.com/2015/11/1-contoh-proposal-usaha-mahasiswa.html
0 Response to "1 contoh proposal usaha Mahasiswa terbaru kreatif dan keren abis, [ TutorialSipil ] "
Posting Komentar